Jumat, 10 Juli 2020

Cerita dibalik "Nulis & ngeblog itu asyik"

 

Tak terasa sudah hampir 2 minggu aku bergabung di sekolah “nulis & ngeblog itu asyik”. Kelas ini belajar secara online dalam WA grup. Bersama dengan kurang lebih 40 peserta kami belajar menulis blog.  

Pengajar pertama adalah Cikgu Maria. Beliau mengajarkan proses awal dan tahap demi tahap membuat sebuah blog serta cara menulis postingan di blog. Penjelasan yang diberikan sangat detail dan rinci bahkan diberikan tutorial video. Cikgu Maria juga sering memberikan masukan-masukan yang bagus untuk kami. Ide-ide yang keluar dari pikirannya juga seakan-akan tidak pernah kering. Aku sungguh salut padanya. Sebagai orang yang baru pertama kali mengenal blog, banyak sekali istilah-istilah yang sering dilontarkan yang aku tidak tahu artinya. Namun akhirnya kebingungan itu terjawab oleh diskusi peserta grup.

Pengajar kedua adalah Cikgu  Irai  yang mengajarkan cara menulis postingan yang bagus, baik dan benar. Baik dari isi tulisan, tata bahasa maupun ejaan.  Beliau juga menganjurkan kami untuk selalu menggunakan KBBI dan PUEBI sehingga tulisan kami mudah dibaca dan dipahami. Cikgu Irai juga bertugas mengoreksi tulisan kami. Beliau selalu memberikan komentar dengan kata-kata yang mendukung sehingga tidak menyebabkan kami merasa terpuruk. Kedua pengajar juga berpesan bahwa blog yang baik harus berisi postingan yang bermanfaat bagi orang  lain. Sungguh suatu pelajaran yang sangat berharga.

 Kelas berjalan dengan baik karena pengajar dan peserta sangat komunikatif, saling mengisi, mendukung dan menyemangati satu sama lain.  Bila ada peserta yang mengalami kesulitan biasanya dibicarakan bersama sehingga bisa mendapatkan solusi. Senang rasanya bisa ikut bergabung dalam kelas ini. Banyak pelajaran yang kudapat dari sini. Bukan hanya materi menulis blog saja tapi juga persaudaraan dan kekompakan.

Besok adalah hari terakhir pelajaran. Semoga kami semua bisa menyelesaikan kelas ini dengan lancar. Dengan banyak berlatih menulis semoga kami bisa menjadi penulis blog yang baik seperti kedua guru kami.

Berdasarkan pengalamanku yang sangat minim tentang teknologi komputer dan juga buta medsos, masih ada kesulitan yang kualami yaitu cara melihat link dan copy paste link. Meskipun sudah diberikan tutorial video tapi aku belum bisa mempraktekkannya dengan benar. Namun aku percaya dengan terus berlatih suatu saat nanti aku bisa melakukan copas dengan lancar dan benar. Semoga.

Terima kasih pada Cikgu Maria dan Cikgu Irai yang sudah membagi ilmunya untuk kami. Doaku semoga anda berdua selalu sehat dan sukses 🙏🙏

 


1 komentar:

Cerita dibalik "Nulis & ngeblog itu asyik"

  Tak terasa sudah hampir 2 minggu aku bergabung di sekolah “nulis & ngeblog itu asyik”. Kelas ini belajar secara online dalam WA grup...