Rabu, 08 Juli 2020

belajar mengoreksi tulisan


Mengoreksi tulisan teman.

Waduh apa pula ini Cikgu ? Ibaratnya seperti satu telunjuk jari menunjuk kesalahan orang lain padahal empat jari lainnya menunjuk kepada kesalahan diri sendiri. Namun karena saat ini posisiku adalah murid maka aku harus menurut pada ibu guru.

Aku mendapat kesempatan untuk mengoreksi tulisan yang mengulas tentang buku belajar menjahit.

Sebelumnya kuucapkan terima kasih kepada mbak Ira Barus karena telah menjadikan tulisanmu sebagai bahan belajar untuk mengoreksi. Dan mohon maaf jika koreksian yang kulakukan kurang berkenan.

Berikut tulisan mbak Ira.

https://jahitanqusimple.blogspot.com/2020/07/pretty-in-pink.html

Ini buku seri keterampilan yang pertama kali yang saya beli di toko buku. Awalnya tidak ingin beli karna isinya berbeda dengan pola yang saya pelajari. Tapi karna membaca ilustrasinya, ditambah warna dan foto sampulnya juga menarik. Akhirnya saya beli juga.

Review dari buku ini, penulisnya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan yang utama disertai penjelasan gambar dan foto tahap demi tahap. Sesuai dengan seri buku ini, lebih mengutarakan praktek. Diawal buku penulis menjelaskan cara pengukuran badan dan membuat pola. Di bab berikutnya di jelaskan model baju pola yang mudah lalu di lanjutkan dengan model baju yang semakin banyak variasi.

Di setiap gambar dan foto disertai penjelasan. Seakan penulis menuntun pembaca mengikuti maksud dari isi buku. Foto yang ditampilkan jelas dengan warna yang menarik membuat pembaca tidak jenuh untuk membacanya.

Diakhir buku penulis juga memberikan alamat medsos. Ini sangat penting bagi pembaca yang alami kesulitan dalam memahami isi buku bisa langsung menghubungi penulis.

Buku ini membuat pola berpikir saya dalam menyusun materi pelajaran menjahit dalam bentuk tulisan.

Dan buku ini bisa jadi referensi untuk yang hobby menjahit.

Buku: pretty in pink

Penulis: Tatiana vidi

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun: 2009 

 

Setelah kubaca berulang-ulang, kutemukan beberapa bagian yang menurutku perlu dikoreksi. Antara lain penulisan di sebagai kata depan yang harus dipisah penulisannya dan di sebagai kata kerja yang disambung penulisannya. Juga ada beberapa kata yang belum ditulis dalam ejaan bahasa Indonesia yang benar. Contoh ; kata karena ditulis karna. Beberapa kalimat yang digunakan juga terasa agak janggal ketika dibaca (mungkin karena dipengaruhi pelafalan dan aksen bahasa daerah yang digunakan sehari-hari). Hal ini bisa saja menyebabkan salah tafsir bagi yang membacanya. 

Ini hasil koreksian. Kutulis dalam huruf cetak miring supaya terlihat perbedaan dengan tulisan asli mbak Ira.

Ini adalah buku ketrampilan yang pertama kali saya beli. Awalnya tidak ada keinginan untuk membelinya karena cara yang diajarkan dalam buku itu berbeda dengan yang telah saya pelajari selama ini. Namun setelah membaca ilustrasi, melihat warna dan foto sampulnya yang menarik akhirnya saya beli juga buku itu.  

Review untuk buku ini : penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Dan yang paling menarik dari buku ini adalah setiap langkah pengerjaannya dijelaskan secara rinci tahap demi tahap dalam gambar dan foto. Di bagian awal penulis menjelaskan cara mengukur badan dan membuat pola. Di bagian berikutnya diajarkan bagaimana cara membuat model baju dari pola sederhana dan dilanjut dengan cara membuat model baju yang semakin bervariasi.Di bagian akhir buku, penulis mencantumkan nomor kontak dan alamat yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu pembaca membutuhkan informasi.

Buku ini menjadi acuan saya dalam menyusun materi buku pelajaran menjahit.

Dan untuk teman-teman yang hobby menjahit, buku ini juga bisa dijadikan sebagai referensi.

Buku: pretty in pink

Penulis: Tatiana vidi

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun: 2009 

 

Demikian hasil koreksian yang telah kulakukan. Terus terang tugas ini sangat bermanfaat buatku. Aku bisa belajar dari kesalahan teman tapi bukan menyalahkan teman. Salah satu pelajaran yang kudapat dari sini bahwa setiap orang harus memberikan ulasan yang singkat dan tepat untuk sesuatu hal yang diminta sehingga orang lain tidak salah menafsirkannya.

Yuk terus belajar.


Bekasi, 8 Juli 2020

 


2 komentar:

Cerita dibalik "Nulis & ngeblog itu asyik"

  Tak terasa sudah hampir 2 minggu aku bergabung di sekolah “nulis & ngeblog itu asyik”. Kelas ini belajar secara online dalam WA grup...